RSS

AMONIAK ( NH3 )

16 Mar

SIFAT-SIFAT FISIK

Gas tidak berwarna, berbau khas amoniak, iritan, mudah larut dalam air.

Titik leleh : -77.7 oC

Titik didih : -33.4 oC

Tekanan Uap : 400 mmHg (-45,4 oC)

Kelarutan dalam air : 31 g/100g (25 oC)

Berat jenis : 0.682 (-33,4 oC)

Berat jenis uap : 0.6 (udara=1)

Suhu kritis : 133 oC

SIFAT-SIFAT BAHAYA

KESEHATAN

:

Efek Jangka Pendek (Akut)

Iritasi terhadap saluran pernapasan, hidung, tenggorokan dan mata terjadi pada 400-700 ppm. Sedang pada 5000 ppm menimbulkan kematian. Kontak dengan mata dapat menimbulkan iritasi hingga kebutaan total. Kontak dengan kulit dapat menyebabkan luka bakar (frostbite).

Efek Jangka Panjang (Kronis)

Menghirup uap asam pada jangka panjang mengakibatkan iritasi pada hidung, tenggorokan dan paru-paru. Termasuk bahan teratogenik.

Nilai Ambang Batas : 25 ppm (18 mg/m3) (ACGIH 1987-88) STEL 35 ppm (27 mg/m3).

Toksisitas : LD50 = 3 mg/kg (oral, tikus). LC 50 = 200 ppm (tikus menghirup 4 jam)

KEBAKARAN

:

Dapat terbakar pada daerah mudah terbakar : 16-25 % (LFL-UFL). Suhu kamar : 651 oC.

REAKTIVITAS :

Stabil pada suhu kamar, tetapi dapat meledak oleh panas akibat kebakaran. Larut dalam air membentuk ammonium hidroksida.

KESELAMATAN DAN PENGAMANAN
PENANGANAN & PENYIMPANAN

Hindari gas berada dalam ruang kerja, hindari dari loncatan api dan sumber panas. Simpan pada tempat dingin, kering dan berventilasi dan jauh dari populasi. Hindarkan dari asam, oksidator, halida, etoksi, logam alkali dan kalium klorat.

TUMPAHAN & BOCORAN

Bila terjadi tumpahan atau bocoran, harus ditangani oleh orang yang terlatih dengan memakai alat pelindung diri. Jauhkan dari sumber api. Kabut amoniak dapat disemprot oleh air.

ALAT PEL

INDUNG DIRI

Paru-paru

:

Masker dengan Filter Amoniak atau respirator udara

Mata

:

Safety goggles dan pelindung muka

Kulit

:

Gloves (neoprene, karet, PVC karet butil)

PERTOLONGAN PERTAMA

Terhirup

:

Bawa ke tempat aman dan udara yang segar, beri pernapasan buatan jika perlu, segera bawa ke dokter.

Terkena mata

:

Cuci dengan air bersih dan mengalir selama 20 menit dan segera bawa ke dokter.

Terkena kulit

:

Cuci dengan air bersih dan mengalir selama 20 menit, lepaskan pakaian yang tekontaminasi.

PEMAD

AM API

Hentikan kebocoran gas dengan aman, gunakan semprotan air sebagai pendingin. Media pemadaman CO2, halon, bubuk bahan kimia kering.

INFORMASI LINGKUNGAN
Amoniak dalam air amat beracun bagi ikan, udang dan binatang air lainnya. Dapat menimbulkan kes

uburan tanaman air (eutropia). NH3 dalam air dapat dibuang dengan proses tripping (pH optimum ± 12) atau dengan proses mikrobiologi. Limbah amoniak dapat dinetralkan dengan asam sulfat (pupuk ZA). Baku mutu ambien untuk pencemaran amoniak adalah 2 ppm. Asap tebal akibat kecelakaan dalam transportasi pengangkutan amoniak dapat disemprot dengan air.

About these ads
 
17 Komentar

Ditulis oleh pada Maret 16, 2009 in MSDS BAHAN KIMIA

 

17 responses to “AMONIAK ( NH3 )

  1. muhamaze

    Maret 19, 2009 at 4:07 pm

    pertamaxxx

    wah selain hobi bahari, pakar kimia juga tho..
    salut deh..

    makasih yaa..

     
  2. Santri Gundhul

    Maret 20, 2009 at 2:55 pm

    Huueeeeeeeeeks..keks..keks…
    Kang Muh,

    Bukan pakar Kang, ngawut wae sampeyan iki. Semua materi sudah ada dari berbagai sumber dan saya tinggal kumpulin serta meraciknya di Blog ini agar memiliki CITA RASA yg lain begono Kang.

    suwun Kang dah mampir di Gubug saya yg satu ini.

    Salam

     
  3. albashir

    April 3, 2009 at 9:22 pm

    sblumnya thanx bgt krn artikelnya udah membantu saya dlm mengerjakan tugas,,
    oia bs kirimi saya refferensi / pustaka dari artikel diatas ya,,?pliiss, saya butuh bgt,,
    terima kasih

    ***~~~~~~~~~~~~~~~***

    Bisa dilihat sebagai referensinya di mbah Google. Klik saja MSDS Ammonia…tinggal pilih dan pilah2.

    Salam – KATIGA

     
  4. Gresby

    Juni 17, 2009 at 2:04 pm

    wah kang santri gundul, bermanfaat blog ini, kayaknya kang santri gundul ini orang K3 yah?

     
  5. reefq

    November 10, 2009 at 8:31 pm

    bagus”…ngambil yaa!!
    mampir dong

     
  6. tangrivolsa

    Februari 5, 2010 at 8:23 pm

    bagues

     
  7. endro wd

    Maret 17, 2010 at 4:19 pm

    Wah ini bisa untuk nambah pengetahuan apalagi untuk perusahaan,tapi menurut saya hal ini terpulang ke kita bagaimana bisa menumbuh kembangkan budaya kepedulian lingkungan bersih dan sehat.

     
  8. fauziah

    April 1, 2010 at 3:36 pm

    thanks informasinya

     
  9. Ida Junaina

    April 21, 2010 at 11:54 am

    Thanks Bung Oklegs tuk artikel bagusnya,
    Saya mohon pendapat & sarannya
    1. Apa penyebab tingginya Amoniak Bebas (NH₃N) sehingga melebihi baku mutu serta
    2. Apa faktor pemicu sehingga amoniak melebihi ambang batas.
    3. Tindakan apa yang harus diambil untuk menetralisir Amoniak tersebut.
    Maaf pertanyaannya borongan.
    Terima kasih atas perhatiandan kerjasamanya.

    Salam – KATIGA

     
  10. yuli

    Mei 1, 2010 at 4:21 pm

    trima kasih tuk infonya….^^

     
    • Bung okleqs

      Mei 6, 2010 at 1:41 pm

      Terimakasih Kembali dan Sukses selalu Bu Yuli.

      Salam KATIGA

       
  11. russ

    Juli 2, 2010 at 11:23 am

    NH3 itu sumbernya dari mana sih?

     
  12. endah

    November 1, 2010 at 12:04 am

    terimakasih atas informasinya… :))
    m

     
  13. samuel

    Februari 22, 2011 at 7:35 pm

    ada yang tau gimana cara analisa kadar amoniak dalam sampel padat gak (tanaman)

     
  14. alexsvanprabu

    Februari 24, 2011 at 1:49 am

    yg punya pengetahuan ttg lost time injuries dsb tolong y kirimi aku,….

     
  15. tangrivolsa

    Maret 9, 2012 at 1:21 pm

    Pengeceran atau titrasi akan mempengaruhi kepekatan.Fungsi maskere jelas sangat penting. Penetralan juga dapat dilakukan dengan penambahan CaksiumHidroksids.(Hidrodida Calsium Berlebihan)(

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 26 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: